fbpx
Kembali
  • 20 SEPTEMBER 2022
  • |
    • RESEPVINI

Yuk Terapkan Cara Hidup Berkelanjutan!

Dicetuskan pertama kali oleh PBB sebagai tujuan sosial dalam konferensi pertamanya di bidang Lingkungan Hidup tahun 1972, konsep sustainable atau berkelanjutan muncul  sebagai buah dari kekhawatiran akan kondisi makin terbatasnya ketersediaan sumber daya alam, permasalahan lingkungan secara global, problematika kebutuhan pangan, meningkatnya ketidakadilan sosial, hingga masalah kemiskinan yang semakin larut. 

 

Definisi Konsep Berkelanjutan

Komisi Brundtland PBB sendiri mendefinisikan konsep berkelanjutan sebagai “pemenuhan berbagai kebutuhan saat ini, tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri”. Dari definisi yang dijabarkan, konsep berkelanjutan sejatinya melibatkan berbagai aspek kehidupan, dengan tiga aspek utama yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. 

 

Menerapkan Gaya Hidup Sustainable

Sobat Vini bisa banget loh melakukan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari agar dapat berkontribusi secara langsung dalam pembangunan berkelanjutan, khususnya pada sektor lingkungan. Simak tips berikut ini agar kalian dapat menerapkan gaya atau cara hidup berkelanjutan khususnya pada sektor lingkungan ya!

 

1. Mengelola penggunaan air untuk menjamin akses air bersih dan sanitasi layak

2. Mengkonsumsi barang secara bijak dan bertanggung jawab

3. Melakukan daur ulang atau penggunaan kembali barang-barang bekas

4. Mengurangi benda dengan bahan dasar bahan bakar fosil

5. Mengikuti kegiatan konservasi seperti konservasi laut dan sumber daya alam lain

6. Berpartisipasi aktif dalam mengurangi emisi kendaraan dengan menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki

 

Masih banyak kegiatan lain yang dapat Sobat Vini lakukan secara sederhana dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung gerakan pembangunan berkelanjutan. Namun yang perlu diingat dari cara hidup berkelanjutan adalah prinsipnya itu sendiri yaitu menyadari bahwa sumber daya alam terbatas, memikirkan siklus dari barang yang dikonsumsi sehingga cermat dalam memilih barang atau jasa, serta menempatkan posisi kita sebagai lingkungan (bukan entitas yang terpisah). Yuk terapkan cara hidup berkelanjutan agar mewujudkan kehidupan yang lebih baik, baik untuk kita, maupun untuk anak cucu kita di masa mendatang!