fbpx
Kembali
  • 9 AGUSTUS 2022
  • |
    • TIPS & TRICK

Yuk Ciptakan Rumah Ramah Anak!

Kehadiran seorang anak di tengah keluarga memang memberikan dampak yang begitu besar terhadap berbagai hal. Salah satunya adalah desain interior di rumah. Penataan interior rumah sendiri memang perlu dipikirkan secara baik-baik. Terlebih, rumah merupakan pusat tempat keluarga melakukan berbagai aktivitas. Alhasil, dalam mempertimbangkan konsep desain interior yang akan dibuat, kita tak hanya memikirkan faktor estetika maupun kenyamanan, namun juga keamanan. Sebuah rumah harus mampu menjamin keamanan para penghuninya, terlebih keamanan anak-anak. 

Tips Menciptakan Rumah yang Ramah Bagi Anak

Sobat Yuta semua dapat mengusung konsep rumah ramah anak yang berfungsi untuk meminimalisir berbagai hal-hal yang bisa mencelakakan mereka. Agar dapat menciptakan rumah yang ramah bagi anak, terdapat berbagai elemen yang perlu diperhatikan. Berikut tips dan trik yang dapat kamu lakukan agar kamu dapat menciptakan rumah yang ramah bagi anak-anak:

 

1. Jangan memilih furnitur dengan ujung lancip

Furnitur dengan sudut lancip akan berbahaya bagi anak ketika beraktivitas. Maka dari itu, lebih disarankan untuk memilih perabot dengan sudut tumpul atau bahkan tanpa sudut. Namun, apabila sudah terlanjur memiliki perabotan dengan sudut lancip, Sobat Yuta dapat mengantisipasinya dengan menambahkan pelindung berbahan karet pada sudut-sudut tersebut.

2. Pilih ubin anti licin

Sobat Yuta dapat memasang ubin anti licin sehingga anak-anak tidak terjatuh tiap kali untuk mencoba berjalan. Alternatif lain apabila permukaan ubin di rumah sudah licin, kalian dapat memasang alas lantai anti licin tambahan.

3. Simpan benda tajam dan pecah belah di lemari penyimpanan

Amat tidak disarankan untuk menaruh barang pecah belah di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau oleh anak. Baiknya, Sobat Yuta menyimpan barang-barang tersebut di sebuah lemari penyimpanan yang tak terjangkau oleh anak-anak.

4. Menyembunyikan bahan kimia dan obat-obatan

Obat-obatan atau atau barang berbahan kimia seperti pembersih lantai atau obat nyamuk akan beresiko sangat fatal apabila tertelan oleh anak. Agar menghindari resiko tersebut, ada baiknya kita memastikan semua obat dan benda dengan zat berbahaya disimpan di tempat penyimpanan barang yang telah dikunci sehingga anak tak dapat dengan mudah untuk menggapainya.

5. Merapikan kabel dan menyembunyikan stop kontak

Agar anak-anak terhindar dari bahaya sengatan listrik, Sobat Yuta dapat memastikan semua jenis kabel di rumah tersimpan dengan rapih. Kalian juga dapat memasang penutup pada stop kontak di rumah.