fbpx
Kembali
  • 17 AGUSTUS 2022
  • |
    • TIPS & TRICK

Tips Merawat Keran Air

Air memiliki peranan yang penting untuk kelangsungan hidup manusia. Setiap harinya manusia selalu menggunakan air untuk berbagai kegiatan seperti mandi, mencuci kendaraan, menyiram tanaman, memasak, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, keran air merupakan peralatan penting yang wajib dimiliki di setiap rumah maupun kantor untuk menyalurkan air ke seluruh bagian yang dibutuhkan. Dengan keran, penggunaan air pun menjadi lebih terkontrol. 

Cara Merawat Keran Air

 

Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, keran air dapat menjadi cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat keran air:

 

1. Hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang keras

Hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang keras dan tajam seperti karbol, cairan pemutih, dan yang lainnya. Sebaiknya bersihkan keran hanya dengan sabun, kemudian bilas sampai bersih dan keringkan dengan kain yang lembut di seluruh permukaannya.

 

2. Bersihkan daerah yang mengandung kapur 

Di daerah tertentu, air yang digunakan terkadang mengandung kapur sehingga bagian dalam keran air sering terdapat lapisan kapur yang cukup tebal. Untuk membersihkannya, gunakan kapas yang sudah ditetesi cuka, gosokkan kapas ke bagian yang terdapat endapan kapur selama beberapa menit. Diamkan selama kurang lebih 1-2 jam sampai noda kapur larut, kemudian bilas dengan air bersih dan lap dengan kain.

 

3. Bersihkan keran dari air dan residu

Residu bekas sampo, conditioner, sabun, dan shower gel dapat merusak lapisan coating pada keran air. Coating yang terkelupas akan membuat keran air berkarat atau kusam. Sebaiknya selalu bersihkan keran dari air dan residu-residu lain saat selesai digunakan.

 

4. Bersihkan keran dengan pembersih khusus

Jangan khawatir jika keran terlanjur kotor atau kilaunya sudah meredup. Cukup bersihkan keran dengan menggunakan pembersih khusus untuk bahan stainless steel atau chrome. Setelah menggosokkan bahan pembersih tersebut pada permukaan keran hingga bersih, segera bilas dengan air panas dan keringkan.

 

5. Pilih keran air yang berkualitas

YUTA, selalu memproduksi keran air yang berkualitas dengan menghadirkan berbagai pilihan seperti Bibcock – BALC, Sink Tap – TSL, Sink  Tap – TSLF, Sink Tap – TSBLF, dan Sink Tap – TSF yang semua jenisnya telah disesuaikan dengan beragam kebutuhan konsumen saat ini.

 

Selain melakukan perawatan yang tepat, lama atau tidaknya masa pakai dari keran air juga turut dipengaruhi juga oleh kualitas keran yang digunakan. Bentuk keran air yang kecil, terkadang membuat masyarakat seakan lupa untuk merawatnya. Padahal jika dilihat dari kegunaanya, keran air termasuk komponen yang penting untuk menyalurkan air ke seluruh bagian yang dibutuhkan. Oleh karenanya, perawatan keran air tidak boleh diabaikan begitu saja. Semoga tips ini bermanfaat!