fbpx
Kembali
  • 22 SEPTEMBER 2022
  • |
    • TIPS & TRICK

Tips Memilih Keramik untuk Kamar Mandimu

Dalam memilih bahan bagi lantai kamar mandimu, berbagai hal perlu diperhatikan dan dipertimbangkan agar dapat menciptakan desain ruang kamar mandi yang fungsional dan juga nyaman bagi penggunanya. Terdapat berbagai bahan untuk lantai kamar mandi yang tersedia di pasaran, namun keramik merupakan bahan yang paling populer karena harganya yang relatif terjangkau dan tersedia di berbagai tempat.

 

Tips Memilih Keramik

Butuh ketelitian dan kecermatan tersendiri untuk memilih keramik kamar mandi. Simak tips berikut dalam memilih keramik yang tepat untuk kamar mandimu ya, Sobat Yuta!

  1. Perhatikan Skema Warna

    Ada baiknya untuk memilih dan menentukan skema warna netral bagi keramik kamar mandimu, khususnya kamar mandi berukuran kecil. Sobat Yuta dapat memilih warna-warna terang seperti krem, coklat muda, abu-abu muda, atau putih. Pasalnya, ubin keramik dengan warna-warna terang dapat membuat efek lebih besar bagi kamar mandi berkat pantulan cahaya.

  2. Ukuran Ubin

    Jika Sobat Yuta memiliki kamar mandi berukuran kecil, disarankan untuk tidak menggunakan keramik besar berukuran seperti 60×60 cm atau 80×80 cm. Meski demikian, tak disarankan juga untuk menggunakan keramik berukuran kecil karena akan menimbulkan lebih banyak garis nat yang nantinya akan membuat kamar mandimu terkesan lebih sempit.
    Maka dari itu, gunakan keramik berukuran sedang dengan tepian yang telah diatur sedemikian rupa sehingga membuat keramik terlihat lebih menyatu dengan tembok. Usaha ini akan memberikan efek kamar mandi yang lebih besar dan rapi.

  3. Tekstur

    Licin tidaknya keramik lantai ditentukan oleh tekstur dari keramik itu sendiri. Terdapat berbagai jenis tekstur dari keramik seperti glossy, satin, mate atau bertekstur. Untuk faktor keselamatan dan kenyamanan, disarankan untuk memilih keramik kamar mandi yang memiliki tekstur yang tidak rata. Hal ini agar menghindari efek licin pada keramik kamar mandi.