fbpx
Kembali
  • 4 NOVEMBER 2022
  • |
    • SANITARY

Masalah Jet Shower Toilet dan Cara Mengatasinya

Di kamar mandi mayoritas masyarakat Indonesia, biasanya kamu akan menemukan sebuah jet shower atau jet shower yang sudah terpasang rapi bersebelahan dengan kloset. Penggunaan jet shower yang menyatu dengan kloset ini memang tak lazim di beberapa negara, contohnya seperti Amerika. Masyarakat Amerika justru lebih memilih untuk membersihkan diri setelah buang air menggunakan tissue dibandingkan dengan air. Itulah mengapa kalian akan jarang menemukan jet shower yang terpasang rapi bersebelahan dengan kloset di beberapa negara.

Namun, di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia, kalian akan dengan mudah menemukan jet shower yang terpasang bersebelahan dengan kloset di toilet. Pasalnya, berbanding terbalik dengan masyarakat Amerika, masyarakat Indonesia justru lebih cenderung menyukai membersihkan diri menggunakan air. Dibandingkan dengan meletakan wadah seperti ember untuk membilas, keberadaan jet shower yang posisinya diletakan di sebelah kloset, akan lebih mempermudah pengguna dalam melakukan kegiatan bersih-bersih setelah buang air. Penggunaan jet shower pun dapat membuat pengeluaran air yang digunakan lebih efisien.

 

Masalah pada Jet Shower

Meski penggunaan jet shower cenderung lebih praktis dan efisien, namun ada kalanya jet shower yang digunakan mengalami masalah. Berikut ini masalah-masalah yang sering terjadi pada jet shower beserta cara memperbaikinya:

1. Air menetes pada 

Permasalahan paling umum yang sering terjadi pada peralatan sanitari di kamar mandi adalah air menetes. Meski handle telah ditutup, tak menutup kemungkinan air tetap menetes dari jet shower, bahkan jika parah, air dapat mengalir dengan deras.

Untuk memperbaiki air yang menetes dari jet shower, Sobat Yuta dapat mengganti mixer yang terdapat pada jet shower. Caranya adalah dengan membuka klep atau penutup jet shower menggunakan kunci L, setelah itu kamu bisa mengeluarkan mixer lama pada jet shower yang berfungsi sebagai tutup keran dan menggantinya dengan yang baru. Jika mixer sudah diganti, tutup lagi jet shower hingga bentuknya seperti semula.

2. Tekanan air terlalu kencang

Tekanan air yang terlalu kencang membuat semburan air yang keluar pada jet shower terlalu berlebih dan terbuang percuma hingga bisa menimbulkan cipratan air ke berbagai tempat. Kondisi ini dapat membuat pengguna tak nyaman.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang dapat Sobat Yuta lakukan, salah satu caranya adalah dengan memilih Jet Shower dengan kualitas yang baik. Pilihlah jet shower yang dapat mengatasi tekanan air tinggi. Sobat Yuta dapat memilih Jet Shower STFS-01 dari Yuta Indonesia. Pasalnya, Jet Shower STFS-01 dari Yuta Indonesia memiliki keunggulan berupa tahan dengan tekanan air tinggi dengan optimal working pressure hingga 12 bar. Jadi kamu tak perlu khawatir terhadap dampak-dampak negatif apabila tekanan airmu terlalu kencang.

3. Kebocoran selang

Kebocoran pada alat sanitary juga merupakan permasalahan umum yang sering ditemukan. Kebocoran tak hanya terjadi pada ujung keran, namun juga bisa terjadi pada bagian selang. 

Jika hal ini terjadi, biasanya kebocoran terjadi melalui sambungan dari selang. Hal ini tak dapat dibiarkan. Karena jika dibiarkan dampaknya akan membuat air terus-menerus keluar dan mengakibatkan tagihan airmu jadi membengkak. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan dengan seksama dari mana letak kebocoran. Jika kebocoran terjadi pada selang atau seal pada selang jet shower, kamu dapat mengganti seal yang lama dengan seal yang baru.

 

Pakai Yuta Jet Shower STFS-01

Itulah beberapa permasalahan yang kerap kali kita temukan pada peralatan jet shower dan bagaimana cara mengatasinya. Namun, Sobat Yuta juga perlu memberikan catatan bahwa jet shower pun perlu dirawat agar tidak mudah mengalami kerusakan. Mencari produk yang berkualitas baik juga dapat menjadi penentu awet atau tidaknya produk jet shower-mu. Pilihlah produk jet shower yang berkualitas baik seperti Jet Shower STFS-01 dari Yuta Indonesia yang memiliki keunggulan anti bocor, anti retak, anti karat, dan anti korosi. Jet Shower STFS-01 milik Yuta Indonesia juga mampu menjalankan “heavy duty” dan dilengkapi dengan filter berbentuk kubah untuk mencegah kotoran kasar masuk ke kepala shower.