fbpx
Kembali
  • 11 NOVEMBER 2022
  • |
    • TIPS & TRICK

Hati-hati Kecelakaan di Kamar Mandi

Melakukan aktivitas di kamar mandi memang dapat menjadi suatu hal yang menyenangkan. Setelah seharian beraktivitas dan menjalani kegiatan yang padat, membersihkan diri di kamar mandi menjadi hal yang menyegarkan sekaligus dapat melepas penat. Meski demikian, hal ini tak dapat menampik kemungkinan bahwa beraktivitas di kamar mandi juga dapat menyebabkan berbagai resiko berbahaya.

Dilansir dari New York Times via cnn.com, menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, setiap tahunnya terdapat sekitar 235 orang dengan usia di atas 15 tahun mengunjungi rumah sakit akibat cedera pasca jatuh dari kamar mandi. Hampir 14% diantaranya berakhir dirawat di rumah sakit. 

 

Penyebab Kecelakaan di Kamar Mandi

Sama dengan kecelakaan-kecelakaan lainnya, kecelakaan di kamar mandi hingga kini terus terjadi. Sayangnya, tak banyak dari kita yang sadar atau menaruh perhatian lebih pada bahaya dari kecelakaan yang terjadi di kamar mandi. Padahal, bahaya yang ditimbulkan dari kecelakaan kamar mandi juga dapat beresiko fatal seperti memar, cedera, patah tulang, hingga kematian. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, ketahui penyebab utama dari kecelakaan di kamar mandi sebagai berikut:

 

1. Lantai basah 

Lantai kamar mandi yang basah karena air akan menyebabkan ubin atau keramik kamar mandi menjadi licin. Ubin yang licin akan membuat pengguna kamar mandi mudah terpeleset dan jatuh.

2. Bak mandi

Bak mandi yang terdapat di kamar mandi umumnya memiliki siku atau sudut yang tajam di tiap-tiap ujungnya. Sudut yang tajam ini sering kali membuat pengguna kerap terluka. 

3. Pencahayaan yang buruk

4. Sumber kelistrikan

Sumber listrik yang ditempatkan berdekatan dengan keran atau sumber air lain di kamar mandi akan sangat berbahaya. Pasalnya air adalah konduktor. Air dan aliran listrik dapat sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup yang ada di dekatnya.

 

Tips Terhindar dari Kecelakaan di Kamar Mandi

Setelah mengetahui penyebab utama dari kecelakaan kamar mandi, ada baiknya apabila kamu juga mengetahui tips-tips agar terhindar dari kecelakaan yang menyebabkan resiko fatal. Berikut tipsnya:

  • Gunakan ubin dengan permukaan kasar

Agar menghindari terpeleset dan terjatuh dari kamar mandi, ada baiknya apabila kamar mandimu menggunakan ubin dengan permukaan kasar, salah satunya seperti ubin porselen.

  • Gunakan karet anti slip

Jika ubin kamar mandimu sudah terlanjur memakai ubin dengan permukaan licin, maka kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan karet anti slip

  • Gunakan rel pengaman

Kalian juga dapat menggunakan rel pengaman untuk tambahan keamanan di kamar mandi

  • Letakan sumber listrik jauh dari air dan jangkauan anak-anak

Agar tidak tersengat listrik, letakkan stop kontak jauh dari sumber air dan juga jangkauan anak-anak. Apabila perlu, gunakan penutup. Kalian pun perlu berhati-hati dalam menggunakan peralatan elektronik di kamar mandi.

  • Tata letak furnitur dan kaca

Letakkan rak-rak ataupun kaca pada posisi yang benar. Jangan memaksakan untuk menempatkan benda-benda besar apabila kamar mandimu berukuran kecil. Pasalnya, benda-benda ini dapat menyebabkan resiko tersenggol ataupun jatuh yang nantinya menyebabkan cedera.

 

Itu dia penyebab utama hingga tips untukmu agar kamu dapat menghindari kecelakaan di kamar mandi. Mulai sekarang, yuk kita mulai menaruh perhatian lebih terhadap keselamatan kita dimanapun dan apapun yang kita lakukan, termasuk salah satunya saat berada di kamar mandi. Stay safe ya Sobat Vini!