fbpx
Kembali
Cara Jitu Cegah Penyumbatan pada Saluran Pembuangan
  • 8 FEBRUARI 2023
  • |
    • TIPS & TRICK

Cegah Penyumbatan pada Saluran Pembuangan

Salah satu aspek yang memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan di rumah adalah saluran air atau yang biasa kita kenal dengan saluran pembuangan. Di rumah-rumah penduduk umumnya, setidaknya terdapat dua bagian saluran pembuangan. Saluran pertama ialah saluran pembuangan untuk limbah toilet, dan yang kedua merupakan saluran pembuangan limbah cair dimana peruntukannya untuk membuang limbah-limbah cair rumah tangga seperti air bekas cuci piring atau air kotor bekas mandi. Pada saluran pembuangan yang kedua, limbah cair akan dibuang salah satunya melalui floor drain.

 

Saluran pembuangan pun merupakan bagian dari sistem sanitasi. Dengan sistem sanitasi yang baik, artinya Sobat Vini dapat menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan diri dan lingkungan. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memiliki sistem sanitasi yang baik. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan dari saluran pembuangan. Masalahnya, saluran pembuangan sering kali tersumbat. 

Tips Mencegah Saluran Pembuangan Tersumbat

Sumbatan yang terjadi pada saluran pembuangan ini dapat menjadi masalah kebersihan serta kesehatan. Maka dari itu untuk memiliki sistem sanitasi yang baik di rumah, kita dapat menjaga saluran pembuangan dari berbagai masalah seperti masalah penyumbatan. Nah, berikut ini tips cara-cara jitu untuk mencegah saluran pembuangan kamu dari penyumbatan:

 

1. Tidak membuang sampah ke saluran pembuangan dan membersihkannya secara rutin

Salah satu penyebab penyumbatan paling umum yang terjadi pada saluran pembuangan adalah karena banyaknya sampah yang menghambat aliran air di area serapan. Hal ini bisa dicegah dengan tidak membuang sampah apapun ke saluran pembuangan seperti floor drain, sink tap, atau wastafel. Ada baiknya apabila membuang sampah baik cair maupun padat ke tempat sampah dibandingkan ke dalam saluran pembuangan. 

Selain mencegah membuang sampah ke saluran pembuangan, kamu disarankan untuk membersihkan area saluran pembuangan secara rutin. 

 

2. Isi trap floor drain secara berkala untuk mencegah penyumbatan

Khususnya untuk floor drain, agar tercegah dari penyumbatan, ada baiknya agar kamu mengisi trap floor drain secara berkala. Saluran pembuangan seperti floor drain dirancang untuk mengalirkan air secara efisien ke saluran pembuangan agar lantai tetap kering dan tidak tergenang oleh air. Jika kamu mengisi trap floor drain secara berkala, hal ini dapat mencegah penyumbatan sekaligus bau dari saluran pembuangan hingga masuknya serangga.

Untuk mengisi trap floor drain, tuang satu galon air ke bawah floor drain hingga memenuhi trap dan membentuk penghalang antara area penyerapan dengan sistem saluran pembuangan.

 

3. Gunakan pipa yang tepat

Salah satu penyebab lain dari penyumbatan pada saluran pembuangan adalah karena buruknya kualitas dari pipa saluran air yang digunakan. Jangan gunakan pipa yang mengandung komponen campuran aditif berlebih. Pasalnya, pipa dengan campuran zat aditif yang terlalu berlebih akan membuat pipa mudah pecah serta rusak sehingga menyebabkan gangguan pada saluran pembuangan. Ciri-ciri produk pipa seperti deskripsi di atas adalah tampilan luarnya yang terlihat mengkilap.  

Gunakan Pipa PVC SNI Vinilon Group yang terbuat dari bahan polivinil klorida serta telah bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk kebutuhan drainase, Pipa PVC SNI Vinilon Group sudah dapat dipastikan durabilitas serta kualitasnya karena telah melalui proses pengujian yang panjang dan terjamin. Jadi kamu tak perlu khawatir pipa akan pecah serta rusak sehingga menyebabkan gangguan pada saluran pembuangan.

 

Itu dia beberapa cara jitu untuk mencegah penyumbatan pada saluran pembuangan di rumahmu. Beberapa mungkin ada yang terlihat sulit, namun jika kita tidak melakukannya, maka sanitasi rumah kita tak akan terjaga. Yuk, jaga kebersihan rumah kamu agar keluargamu terhindar dari berbagai penyakit!